Samsung Z4, Smartphone Murah yang Handal

Samsung Z4, Smartphone Murah Yang Handal

Pada bulan Mei lalu, Samsung kembali merilis Samsung Z4 untuk melengkapi lini ponsel Z series miliknya. Smartphone Tizen dari Samsung ini pun merupakan model entry level yang dibanderol dengan harga murah.

Berada di segmen low-end, smartphone Tizen dari Samsung itu pun sengaja menyasar negara berkembang. Meski dibanderol dengan harga yang murah, tak lantas smartphone ini memiliki spesifikasi yang ecek-ecek.

Samsung Z4, Smartphone Murah Yang Handal

Melihat dari sisi dapur permesinannya, Samsung Z4 dipersenjatai dengan otak pemrosesan prosessor Quad-Core 1,5 GHz dan RAM berkapasitas 1 GB, sehingga smartphone ini pun tergolong handal. Tak hanya itu saja, spesifikasi lainnya yang disematkan pada smartphone ini antara lain baterai berkapasitas 2.050 mAh, dukungan jaringan 4G LTE, Bluetooth 4.0, penyimpanan internal 8 GB, serta kamera depan dan belakang 5 megapiksel yang masing-masing dibekali dengan LED Flash.

Dengan adanya dua kamera tersebut, Samsung pun mengklaim bahwa kamera tersebut memang sengaja dioptimalkan untuk media sosial. Untuk layarnya, smartphone ini pun memiliki layar berukuran 4,5 inchi beresolusi WVGA (800 x 480 piksel) sehingga dapat diprediksi pula bahwa dimensi ponsel pintar ini kecil.

Ponsel mungil ber-OS Tizen ini pun pertama kali diluncurkan di India dengan harga 5.790 rupee atau setara Rp. 1,2 juta. Ketika pertama kali diluncurkan, belum diketahui negara mana saja yang bakal disinggahi oleh smartphone tersebut.

Apabila melihat di Indonesia, Samsung pun pernah memasarkan ponsel seri Z. Tak dapat dipungkiri bahwa Z4 itu pun juga dipasarkan pula di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Z4 ini merupakan generasi keempat dari lini smartphone Tizn lansiran Samsung. Sebelum mengeluarkan Z4, Samsung pun diketahui telah meluncurkan Samsung Z1, Z3, dan Z2.

Meski smartphone tersebut dinamai dengan angka yang sepertinya berurutan, akan tetapi keempat smartphone Tizen Samsung tersebut pun tidak diluncurkan secara berurutan sesuai dengan namanya. Samsung pertama-tama memasarkan Samsung Z, lalu muncul Z1 pada tahun 2015 lalu, kemudian Z3 pada pertengahan tahun 2015. Lalu setelahnya muncul Z2 yang diluncurkan pada bulan Agustus 2016.